ARTIKEL
SALURAN DISTRIBUSI PT. MUNCUL MEKAR
Perkembangan pola berfikir manusia yang semakin maju
dalam bidang ilmu pengetahuan dan teknologi modern, memungkinkan munculnya
perusahaan untuk membuka usahanya. Era perdagangan saat ini dirasakan tingkat
persaingan antar perusahaan sejenis semakin kompetitif terlebih dihadapkan pada
konsumen yang selektif dalam memilih produk sehingga ada perusahaan yang semula
hanya berorientasi pada produksi, kini memperluas orientasinya pada pemasaran
produk. Salah satu contoh nyata dari persaingan usaha dalam bidang industri
jamu dan obat – obatan yang semakin pesat memaksa para pengusaha untuk
memasarkan produknya dengan berbagai strategi untuk memaksimalkan penjualannya.
Untuk mengatasi persaingan tersebut, perusahaan menempuh berbagai cara dan
strategi untuk menyampaikan hasil produksinya dengan cepat, tepat, cermat dan
memuaskan ke tangan konsumen. Strategi pemasaran juga disesuaikan dengan
kemampuan dana perusahaan melalui bauran pemasaran yaitu faktor produk, harga,
distribusi dan promosi. PT. Muncul Mekar Semarang adalah sub usaha dari PT.
Sido Muncul yang berdiri pada tanggal 29 Desember 1986. PT. Muncul Mekar
perusahaan swasta yang bergerak dalam bidang ditribusi jamu dari PT. Sido
Muncul.
PT. Muncul Mekar sebagai anak perusahaan dari PT.
Sido Muncul mempunyai kewenangan penuh dalam memasarkan produk-produk jamu
maupun food dari PT. Sido Muncul. Biaya promosi dan biaya ditribusi yang
dilakukan PT. Muncul Mekar ditujukan untuk menunjang kelancaran masing-masing
sub perwakilan dalam upaya meningkatkan volume penjualan. Untuk sub perwakilan
mempunyai 2 aktivitas promo yang biasanya dilakukan untuk memperkenalkan
produknya yaitu melalui program “Trade Promo” dan “Consumer Promo”,
dimana aktivitas tersebut dilakukan secara berkelanjutan dan akan semakin
“gencar” dilakukan ketika ada produk baru yang dikeluarkan oleh perusahaan. Trade
Promo merupakan suatu aktifitas perusahaan untuk meningkatkan penjualan
yang ditujukan kepada pelanggan grosir maupun retail dengan cara memberikan
hadiah sebagai kompensasi. Sedangkan Consumer Promo adalah kegiatan
marketing yang dilakukan perusahaan untuk meningkatkan minat beli dan lebih
mengenalkan produk kepada konsumen. Biaya distribisi pada PT. Muncul Mekar
meliputi biaya transportasi, biaya pemeliharaan kendaraan,biaya BBM,biaya
sales. Permen tolak angin merupakan salah produk dari PT Sido Muncul. Permen
ini merupakan permen yang berkhasiat untuk kesehatan, mempunyai kandungan
herbal yang bermanfaat untuk kesehatan, pengenalan kepada konsumen dan para
agen dirasa perlu dilakukan agar produk tersebut mengena di benak konsumen.
Untuk meningkatkan volume penjualan perusahaan telah
melakukan strategi promosi penjualan dengan melakukan costumer promo dan
trade promo berupa berbagai event yang digelar, pemberian hadiah buat
menarik minat agen dan pemberian sampel permen yang dibagikan guna meningkatkan
volume penjualan dan itu mengeluarkan biaya yang tidak sedikit. PT. Muncul
Mekar melakukan distribusi produk ke berbagai daerah di Jawa Tengah melalui Sub
Perwakilan (SP). Oleh karena itu promosi dan distribusi sangat penting bagi
perusahaan untuk meningkat volume penjualan. Biaya promosi dan biaya distribusi
begitu penting bagi perusahaan untuk menunjang kelancaran penjualan perusahaan
dan biaya yang digunakan PT. Muncul Mekar tidaklah sedikit akan tetapi volume
penjualan mengalami mengalami fluktuasi khususnya pada produk permen tolak
angin.
PT. Muncul Mekar telah melakukan
berbagai upaya untuk meningkatkan volume penjualan melalui kegiatan promosi
dengan mengalokasikan jumlah biaya yang tidak sedikit dan saluran distribusi
yang memerlukan banyak biaya. Kegiatan promosi dan distribusi yang gencar dari
tahun ke tahun telah dilakukan, akan tetapi jumlah volume penjualan mengalami
fluktuasi. Kegiatan yang telah dilakukan oleh PT. Muncul Mekar dalam rangka
meningkatkan volume penjualan produk yang ditawarkan melalui trade promo dan
consumer promo yang bertujuan untuk menarik konsimen dengan cara memberikan
sampel produk dan hadiah ke agen.
Kebijakan promosi yang dilakukan PT. Muncul
Mekar yaitu memilih bauran promosi penjualan(sales promotion) dengan kegiatan trade
promo dan consumer promo. Trade Promo merupakan suatu
aktifitas perusahaan untuk meningkatkan penjualan yang ditujukan kepada
pelanggan grosir maupun retail dengan cara memberikan hadiah sebagai
kompensasi. Pembagian hadiah ini diserahkan kepada sub perwakilan yang berada
didaerah masing-masing yang berhasil mengumpulkan bungkus atau dus kosong untuk
ditukar dengan hadiah-hadiah yang telah disediakan oleh PT. Muncul Mekar. Untuk
menentukan jumlah hadiah sangat tergantung dengan keaktifan grosir didaerah
masingmasing, jika grosir didaerah masing-masing kurang aktif maka pemberian
hadiah juga akan sedikit. Hal ini memang tidak secara langsung mempengaruhi
keputusan pembelian oleh konsumen akan tetapi bisa merangsang keaktifan para
grosir atau retail dalam menjual produk permen tolak angin kepada konsumen.
Karena setiap penukaran dus/karton permen tolak angin akan mendapatkan sejumlah
hadiah yang telah diprogramkan. Selain itu terdapat aktifitas sponsorship event
yang dilakukan perusahaan dengan melakukan seminar-seminar dan ceramah diberbagai
kota yang telah ditunjuk. Hal ini dimaksudkanagar para calon pembeli mengerti
akan kegunaan dan khasiat yang diberikan oleh permen tolak angin.
Consumer
Promo adalah kegiatan yang dilakukan perusahaan untuk meningkatkan
minat beli dan lebih mengenalkan produk kepada konsumen. Disini para konsumen
diberikan berupa sampel permen tolak angin secara gratis untuk mencobanya dengan
harapan konsumen tertarik rasanya dan mempunyai keinginan untuk
membelinya.Dengan dilakukannya kegiatan outdoor, perusahaan bisa melihat coverage
produk dan peluang pasar dari produk permen tolak angin ini. Disamping itu
dipengaruhi oleh faktor cuaca atau musim, musim penghujan yang biasanya terjadi
pada akhir tahun dan memasuki awal bulan di tahun yang baru, membuat banyak konsumen
membutuhkan permen tolak angin untuk menjaga daya tahan tubuh, mengobati masuk
angin karena kehujanan, serta menghangatkan badan, melegakan pernafasan dan
tenggorokan. Dengan adanya hal tersebut pengecer beranggapan untuk menjual
produk permen Hal ini akan berdampak efektif bagi masyarakat yang belum pernah
mencoba produk ini sehingga akan berpengaruh terhadap keputusan pembelian. Pendistribusian
yang dilakukan PT Muncul Mekar Semarang sebagai distributor didaerah Jawa
tengah berwenang untuk melakukan penjualan dengan cara mendistribusikan semua
produk dari Sido Muncul kepada Sub Perwakilan yang berada didaerah Jawa Tengah
sedangkan dari masing-masing sub perwakilan tersebut memiliki otonomi
wilayahnya sendiri untuk memasarkan produknya. Diharapkan dengan adanya otonomi
wilayah dari masing-masing lingkup sub perwakilan tersebut, produk dapat terpenetrasi
dengan baik pada tiap-tiap daerah dan masing-masing sub perwakilan bisa
melakukan tugas pendistribusiannya dengan maksimal. Adapun langganan dari Sub Perwakilan
adalah toko retail, whorksaler, super market, hypermarket, serta toko obat dan
apotek. Kemajuan dalam pengangkutan telah meningkatkan macam ragam barang yang tersedia
untuk dikonsumsi sehingga distribusi barang dapat dilakukan dengan cepat. Hal
ini diterapkan PT. Muncul Mekar dengan melakukan penambahan armada truk agar
pendistribusian bisa lancar. Untuk menunjang kegiatan tersebut perusahaan
melakukan perawatan armada atau service setiap bulannya. Selain itu pemberian
sejumlah gaji/ insentif yang bertujuan agar para supir atau
pengangkutperusahaan menjadi lebih giat untuk mendistribusikan tepat waktunya.
Pendistribusian akan berpengaruh terhadappenjualan apabila terdapat perluasan
daerah distribusi dan ketersediaan sebuah produk dimasing-masing daerah
sehingga konsumen akan dengan mudah mendapatkan produk tersebut. Perusahaan
belum melakukan perluasan daaerah distribusi maka tidak berpengaruh langsung
terhadap volume penjualan. Tidak signifikannya hasil penelitian disebabkan
adanya faktor lain selain biaya distribusi. Beberapa sub perwakilan yang
membutuhkan biaya distribusi yang tinggi tidak memberikan pendapatan yang besar
bagi perusahaan, penyebab perubahan biaya disebabkan oleh berubahnya aktivitas
dalam melakukan kegitan distribusi.
Kesimpulan dan
Saran
Berdasarkan pada pembahasan sebelumnya
maka dapat diambil kesimpulan sebagai berikut:
·
Kebijakan pengalokasian biaya promosi
yang dilakukan PT. Muncul Mekar melalui program trade promo dan consumer promo
sudah tepat. Pembeli (retail) tertarik membeli produk tolak angin karena akan
mendapatkan hadiah bila membeli dalam jumlah tertentu dengan demikian bisa
meningkatkan volume penjualan. Selain itu calon pembeli baru juga tertarik
untuk melakukan pembelian, ini dikarenakan progran consumer promo yang
membagi-bagikan produk permen tolak angin secara gratis sehingga para calon
pembeli merasakan manfaat dan khasiat dari produk permen tolak angin.
·
Kebijakan pengalokasian biaya distribusi
yang dilakukan oleh PT. Muncul Mekar untuk melakukan kegiatan distribusi belum
berhasil meningkatkan volume penjualan. Ini disebabkan biaya distribusi
meningkat di sejumlah sub perwakilan akan tetapi memberikan kontrisbusi
penjualan yang sedikit. Ini juga disebabkan oleh pengaruh letak geografisnya
dan jumlah persebaran penduduk disejumlah tempat pendistribusian permen tolak
angin sehingga permintaan terhadap produk tolak angin menjadi belum optimal.
Saran
Setelah mengkaji pembahasan tentang pengaruh biaya
promosi dan biaya distribusi terhadap volume penjualan, maka saran yang
diajukan sebagai masukan bagi PT. Muncul Mekar antara lain :
·
Untuk meningkatkan volume penjualan,
melalui promosi, maka pihak perusahaan dapat lebih mengoptimalkan dalam
mengeluarkan komponen biaya yang termasuk dalam promosi serta dipertahankan
trade promo dan consumer promo karena mampu mempertahakan market share di Jawa
Tengah.
·
Meninjau ulang daerah yang menjadi
pendistribusian produk yang memberikan kontribusi kurang optiomal, agar biaya
distribusi dapat efisiensi serta membina hubungan baik dengan para penyalurnya
hal ini disebabkan agar penyalur bisa loyal dan disamping itu penyalur juga
bisa memberikan informasi mengenai daerah-daerah yang potensial untuk
persebaran produk perusahaan
Tidak ada komentar:
Posting Komentar