Pages

Selasa, 08 Januari 2013

manajemen penjualan


ARTIKEL SALURAN DISTRIBUSI PT. MUNCUL MEKAR
Perkembangan pola berfikir manusia yang semakin maju dalam bidang ilmu pengetahuan dan teknologi modern, memungkinkan munculnya perusahaan untuk membuka usahanya. Era perdagangan saat ini dirasakan tingkat persaingan antar perusahaan sejenis semakin kompetitif terlebih dihadapkan pada konsumen yang selektif dalam memilih produk sehingga ada perusahaan yang semula hanya berorientasi pada produksi, kini memperluas orientasinya pada pemasaran produk. Salah satu contoh nyata dari persaingan usaha dalam bidang industri jamu dan obat – obatan yang semakin pesat memaksa para pengusaha untuk memasarkan produknya dengan berbagai strategi untuk memaksimalkan penjualannya. Untuk mengatasi persaingan tersebut, perusahaan menempuh berbagai cara dan strategi untuk menyampaikan hasil produksinya dengan cepat, tepat, cermat dan memuaskan ke tangan konsumen. Strategi pemasaran juga disesuaikan dengan kemampuan dana perusahaan melalui bauran pemasaran yaitu faktor produk, harga, distribusi dan promosi. PT. Muncul Mekar Semarang adalah sub usaha dari PT. Sido Muncul yang berdiri pada tanggal 29 Desember 1986. PT. Muncul Mekar perusahaan swasta yang bergerak dalam bidang ditribusi jamu dari PT. Sido Muncul.
PT. Muncul Mekar sebagai anak perusahaan dari PT. Sido Muncul mempunyai kewenangan penuh dalam memasarkan produk-produk jamu maupun food dari PT. Sido Muncul. Biaya promosi dan biaya ditribusi yang dilakukan PT. Muncul Mekar ditujukan untuk menunjang kelancaran masing-masing sub perwakilan dalam upaya meningkatkan volume penjualan. Untuk sub perwakilan mempunyai 2 aktivitas promo yang biasanya dilakukan untuk memperkenalkan produknya yaitu melalui program “Trade Promo” dan “Consumer Promo”, dimana aktivitas tersebut dilakukan secara berkelanjutan dan akan semakin “gencar” dilakukan ketika ada produk baru yang dikeluarkan oleh perusahaan. Trade Promo merupakan suatu aktifitas perusahaan untuk meningkatkan penjualan yang ditujukan kepada pelanggan grosir maupun retail dengan cara memberikan hadiah sebagai kompensasi. Sedangkan Consumer Promo adalah kegiatan marketing yang dilakukan perusahaan untuk meningkatkan minat beli dan lebih mengenalkan produk kepada konsumen. Biaya distribisi pada PT. Muncul Mekar meliputi biaya transportasi, biaya pemeliharaan kendaraan,biaya BBM,biaya sales. Permen tolak angin merupakan salah produk dari PT Sido Muncul. Permen ini merupakan permen yang berkhasiat untuk kesehatan, mempunyai kandungan herbal yang bermanfaat untuk kesehatan, pengenalan kepada konsumen dan para agen dirasa perlu dilakukan agar produk tersebut mengena di benak konsumen.
Untuk meningkatkan volume penjualan perusahaan telah melakukan strategi promosi penjualan dengan melakukan costumer promo dan trade promo berupa berbagai event yang digelar, pemberian hadiah buat menarik minat agen dan pemberian sampel permen yang dibagikan guna meningkatkan volume penjualan dan itu mengeluarkan biaya yang tidak sedikit. PT. Muncul Mekar melakukan distribusi produk ke berbagai daerah di Jawa Tengah melalui Sub Perwakilan (SP). Oleh karena itu promosi dan distribusi sangat penting bagi perusahaan untuk meningkat volume penjualan. Biaya promosi dan biaya distribusi begitu penting bagi perusahaan untuk menunjang kelancaran penjualan perusahaan dan biaya yang digunakan PT. Muncul Mekar tidaklah sedikit akan tetapi volume penjualan mengalami mengalami fluktuasi khususnya pada produk permen tolak angin.
            PT. Muncul Mekar telah melakukan berbagai upaya untuk meningkatkan volume penjualan melalui kegiatan promosi dengan mengalokasikan jumlah biaya yang tidak sedikit dan saluran distribusi yang memerlukan banyak biaya. Kegiatan promosi dan distribusi yang gencar dari tahun ke tahun telah dilakukan, akan tetapi jumlah volume penjualan mengalami fluktuasi. Kegiatan yang telah dilakukan oleh PT. Muncul Mekar dalam rangka meningkatkan volume penjualan produk yang ditawarkan melalui trade promo dan consumer promo yang bertujuan untuk menarik konsimen dengan cara memberikan sampel produk dan hadiah ke agen.

 Kebijakan promosi yang dilakukan PT. Muncul Mekar yaitu memilih bauran promosi penjualan(sales promotion) dengan kegiatan trade promo dan consumer promo. Trade Promo merupakan suatu aktifitas perusahaan untuk meningkatkan penjualan yang ditujukan kepada pelanggan grosir maupun retail dengan cara memberikan hadiah sebagai kompensasi. Pembagian hadiah ini diserahkan kepada sub perwakilan yang berada didaerah masing-masing yang berhasil mengumpulkan bungkus atau dus kosong untuk ditukar dengan hadiah-hadiah yang telah disediakan oleh PT. Muncul Mekar. Untuk menentukan jumlah hadiah sangat tergantung dengan keaktifan grosir didaerah masingmasing, jika grosir didaerah masing-masing kurang aktif maka pemberian hadiah juga akan sedikit. Hal ini memang tidak secara langsung mempengaruhi keputusan pembelian oleh konsumen akan tetapi bisa merangsang keaktifan para grosir atau retail dalam menjual produk permen tolak angin kepada konsumen. Karena setiap penukaran dus/karton permen tolak angin akan mendapatkan sejumlah hadiah yang telah diprogramkan. Selain itu terdapat aktifitas sponsorship event yang dilakukan perusahaan dengan melakukan seminar-seminar dan ceramah diberbagai kota yang telah ditunjuk. Hal ini dimaksudkanagar para calon pembeli mengerti akan kegunaan dan khasiat yang diberikan oleh permen tolak angin.

Consumer Promo adalah kegiatan yang dilakukan perusahaan untuk meningkatkan minat beli dan lebih mengenalkan produk kepada konsumen. Disini para konsumen diberikan berupa sampel permen tolak angin secara gratis untuk mencobanya dengan harapan konsumen tertarik rasanya dan mempunyai keinginan untuk membelinya.Dengan dilakukannya kegiatan outdoor, perusahaan bisa melihat coverage produk dan peluang pasar dari produk permen tolak angin ini. Disamping itu dipengaruhi oleh faktor cuaca atau musim, musim penghujan yang biasanya terjadi pada akhir tahun dan memasuki awal bulan di tahun yang baru, membuat banyak konsumen membutuhkan permen tolak angin untuk menjaga daya tahan tubuh, mengobati masuk angin karena kehujanan, serta menghangatkan badan, melegakan pernafasan dan tenggorokan. Dengan adanya hal tersebut pengecer beranggapan untuk menjual produk permen Hal ini akan berdampak efektif bagi masyarakat yang belum pernah mencoba produk ini sehingga akan berpengaruh terhadap keputusan pembelian. Pendistribusian yang dilakukan PT Muncul Mekar Semarang sebagai distributor didaerah Jawa tengah berwenang untuk melakukan penjualan dengan cara mendistribusikan semua produk dari Sido Muncul kepada Sub Perwakilan yang berada didaerah Jawa Tengah sedangkan dari masing-masing sub perwakilan tersebut memiliki otonomi wilayahnya sendiri untuk memasarkan produknya. Diharapkan dengan adanya otonomi wilayah dari masing-masing lingkup sub perwakilan tersebut, produk dapat terpenetrasi dengan baik pada tiap-tiap daerah dan masing-masing sub perwakilan bisa melakukan tugas pendistribusiannya dengan maksimal. Adapun langganan dari Sub Perwakilan adalah toko retail, whorksaler, super market, hypermarket, serta toko obat dan apotek. Kemajuan dalam pengangkutan telah meningkatkan macam ragam barang yang tersedia untuk dikonsumsi sehingga distribusi barang dapat dilakukan dengan cepat. Hal ini diterapkan PT. Muncul Mekar dengan melakukan penambahan armada truk agar pendistribusian bisa lancar. Untuk menunjang kegiatan tersebut perusahaan melakukan perawatan armada atau service setiap bulannya. Selain itu pemberian sejumlah gaji/ insentif yang bertujuan agar para supir atau pengangkutperusahaan menjadi lebih giat untuk mendistribusikan tepat waktunya. Pendistribusian akan berpengaruh terhadappenjualan apabila terdapat perluasan daerah distribusi dan ketersediaan sebuah produk dimasing-masing daerah sehingga konsumen akan dengan mudah mendapatkan produk tersebut. Perusahaan belum melakukan perluasan daaerah distribusi maka tidak berpengaruh langsung terhadap volume penjualan. Tidak signifikannya hasil penelitian disebabkan adanya faktor lain selain biaya distribusi. Beberapa sub perwakilan yang membutuhkan biaya distribusi yang tinggi tidak memberikan pendapatan yang besar bagi perusahaan, penyebab perubahan biaya disebabkan oleh berubahnya aktivitas dalam melakukan kegitan distribusi.
Kesimpulan dan Saran
Berdasarkan pada pembahasan sebelumnya maka dapat diambil kesimpulan sebagai berikut:
·         Kebijakan pengalokasian biaya promosi yang dilakukan PT. Muncul Mekar melalui program trade promo dan consumer promo sudah tepat. Pembeli (retail) tertarik membeli produk tolak angin karena akan mendapatkan hadiah bila membeli dalam jumlah tertentu dengan demikian bisa meningkatkan volume penjualan. Selain itu calon pembeli baru juga tertarik untuk melakukan pembelian, ini dikarenakan progran consumer promo yang membagi-bagikan produk permen tolak angin secara gratis sehingga para calon pembeli merasakan manfaat dan khasiat dari produk permen tolak angin.
·         Kebijakan pengalokasian biaya distribusi yang dilakukan oleh PT. Muncul Mekar untuk melakukan kegiatan distribusi belum berhasil meningkatkan volume penjualan. Ini disebabkan biaya distribusi meningkat di sejumlah sub perwakilan akan tetapi memberikan kontrisbusi penjualan yang sedikit. Ini juga disebabkan oleh pengaruh letak geografisnya dan jumlah persebaran penduduk disejumlah tempat pendistribusian permen tolak angin sehingga permintaan terhadap produk tolak angin menjadi belum optimal.

Saran
Setelah mengkaji pembahasan tentang pengaruh biaya promosi dan biaya distribusi terhadap volume penjualan, maka saran yang diajukan sebagai masukan bagi PT. Muncul Mekar antara lain :
·         Untuk meningkatkan volume penjualan, melalui promosi, maka pihak perusahaan dapat lebih mengoptimalkan dalam mengeluarkan komponen biaya yang termasuk dalam promosi serta dipertahankan trade promo dan consumer promo karena mampu mempertahakan market share di Jawa Tengah.
·         Meninjau ulang daerah yang menjadi pendistribusian produk yang memberikan kontribusi kurang optiomal, agar biaya distribusi dapat efisiensi serta membina hubungan baik dengan para penyalurnya hal ini disebabkan agar penyalur bisa loyal dan disamping itu penyalur juga bisa memberikan informasi mengenai daerah-daerah yang potensial untuk persebaran produk perusahaan

Tidak ada komentar:

Posting Komentar